Senin, 13 Januari 2020

Liburan ke Surabaya, Why Not!

Jaman sekarang itu jaman di mana orang -orang lebih suka menghabiskan uangnya untuk travelling atau jalan-jalan bersama keluarga, teman atau pasangannya. Pasti kota yang kalian kunjungi itu tak lain seperti Bandung, Jogjakarta, Malang serta Bali yang sudah banyak diketahui keindahan alamnya. Pernahkah kalian berfikir untuk pergi ke Surabaya menghabiskan liburan kalian di sana? Sepertinya belum ya.

Nah di sini aku akan membahas sedikit tentang Surabaya, kota yang dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan. Pasti kalian bertanya-tanya "Memangnya ada wisata apa di Surabaya?". Berikut beberapa destinasi wisata alam yang bisa kalian kunjungi saat berlibur di Surabaya:
1. Ekowisata Mangrove Wonorejo Rungkut


Hutan Mangrove Wonorejo dari ketinggian. Foto dari Instagram Explore Surabaya


Wisata alam Surabaya yang satu ini merupakan hutan bakau lebat dan dihuni banyak satwa khas hutan mangrove. Untuk menyusuri hutan mangrove, pengunjung bisa melewati jalanan setapak yang terbuat dari kayu sepanjang lebatnya hutan bakau. Pengunjung pun dapat mengetahui berbagai macam informasi mengenai satwa yang berada di hutan mangrove karena di sepanjang jalan setapak terdapat papan informasi yang dilengkapi tentang penjelasan satwa apa saja yang hidup di sana.

Ada pula fasilitas lain yaitu berkeliling hutan mangrove menggunakan perahu. Pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 25.000 untuk orang dewasa sedangkan Rp 15.000 untuk anak-anak. Jika kalian ingin menikmati sensasi yang berbeda, di sana juga disediakan speed boat dengan harga sewa Rp 300.000 untuk 6 orang.

Untuk jam operasionalnya, Hutan Mangrove Wonorejo hanya dibuka untuk umum pada saat Weekend dan hari libur Nasional saja mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore.

2. Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo. Foto dari Reresepan.com


Tidak jauh dari Ekowisata Mangrove Wonorejo terdapat wisata alam Surabaya yang tidak kalah menyejukkan. Banyak pepohonan hijau di area taman ini sehingga kalian bisa menghirup udara segar dan beristirahat sejenak dari padatnya kesibukan sehari-hari.

Destinasi wisata alam ini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Taman yang kurang lebih seluas 5.9 hektar ini memiliki banyak pilihan kegiatan dan fasilitasnya juga terbilang lengkap. Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang danau Kebun Bibit, melihat rusa-rusa dan unggas yang ada di sana, jogging maupun senam di area taman, bermain wall climbing dan masih banyak yang lainnya. Untuk fasilitas, di sana disediakan toilet umum, water tap yang siap minum, dan berbagai pilihan jajanan yang siap mengenyangkan perut kalian.

Jam operasional Kebun Bibit Wonorejo di buka mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Apabila ingin ke sana datanglah pagi atau sore hari. Karena saat pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan segala aktivitas yang ada di sana.
3. Hutan Bambu Keputih


Hutan Bambu Keputih. Foto dari Instagram Explore Surabaya


Dahulu tempat ini adalah tempat pembuangan akhir yang cukup besar. Tetapi sekarang tempat ini sudah diubah menjadi tempat yang lebih indah, yang lebih dikenal dengan nama Hutan Bambu Keputih. Kawasan bambu di tempat ini sangatlah rindang sehingga banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung dan mengabadikan foto mereka di sini. Ada juga pasangan yang melakukan foto pre-wedding loh.

Hal yang lebih menarik lagi, nuansa di sana itu seperti berada di dunia imajinasi yang ada di film-film Disney. Keindahan hutannya, kesunyian yang diciptakan, hingga suara burung-burung yang berada di sana pasti semakin membuatmu enggan untuk pulang. Destinasi wisata ini tidak dikenakan biaya alias gratis tetapi memiliki tempat lahan parkir yang cukup luas. Apabila kalian membawa kendaraan pribadi, kalian hanya perlu maju sejauh 100 meter dan akan ada tanah kosong yang memang diperuntukan untuk lahan parkir.

Apabila ingin berkunjung ke Hutan Bambu Keputih ini disarankan datang pada saat musim kemarau. Karena di musim kemarau daun bambu otomatis banyak berwarna kuning dan mengering, pastinya dapat memberi nuansa yang berbeda bagi pengunjung. Eits kalian juga boleh kok datang pada saat musim hujan, musim itu juga tidak kalah menariknya kok. Di musim hujan mayoritas daun bambu akan menghijau dan menampakkan suasana seperti di pedesaan. Pantas saja hutan ini tidak pernah sepi pengunjung ya.


4. Taman Sakura Putih

Taman Sakura Putih. Foto dari Instagram bgainmovement


Wisata yang satu ini juga tidak kalah menarik, lokasinya bersebrangan dengan Hutan Bambu. Namanya Taman Sakura, kenapa dinamakan taman sakura mungkin nanti bakal ditamani dengan pohon sakura. Untuk sekarang sih masih berisikan aneka bunga hias warna-warni seluas 100 meter.

Di taman sakura sendiri juga memiliki fasilitas yang beraneka ragam, mulai dari perosotan, ayunan, dan lain sebagainya. Bagi pengunjung yang membawa anak kecil tidak perlu khawatir, dijamin anak anda akan senang bermain di sana.

Bukan hanya hamparan bunga hias warna-warni saja tetapi ada spot lain yang menarik yaitu Tugu Air Mancur. Menjelang sore hari banyak sekumpulan muda-mudi dan warga sekitar yang menikmati senja di area ini. Jelas saja banyak peminat yang betah dan tidak mau beralih ke tempat lain dikarenakan lokasinya begitu strategis dan suasana yang masih begitu asri. Taman ini mulai dibuka pukul 6 pagi hingga 6 sore.

5. Bukit Larangan Panceng, Gresik
Bukit Larangan Panceng. Foto dari Phinemo.com


Wisata terakhir adalah Bukit Larangan Panceng. Meski tidak berada di pusat kota Surabaya, Bukit Larangan Panceng sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat berwisata alam di Surabaya. Perjalanan untuk sampai di tempat ini butuh waktu sekitar 1 jam 20 menit dari pusat kota Surabaya.

Bukit Larangan Panceng merupakan salah satu view point dengan pemandangan yang fantastis. Apabila kita sudah mencapai puncak bukit, akan terlihat garis pantai yang memanjang dengan pepohonan hijau sebagai pembatasnya. Jika ingin menikmati pemandangan ini kalian harus menyiapkan tenaga ekstra karena jalanan menuju ke sana tidak terlalu mudah. Tetapi bila sudah sampai dipuncak semua hal yang melelahkan selama di perjalanan bisa terbayarkan dengan indahnya pemandangan dari atas.

Ternyata tempat wisata di Surabaya sangat beragam dan menarik untuk liburan ya. Kalian hanya perlu menyiapkan budget, jadwal perjalan dan cuti yang panjang agar bisa menikmati semua tempat wisata tersebut.

Untuk menjelajahi keindahan alam di Surabaya, kalian bisa dengan mudahnya memesan tiket pesawat ke surabaya, tiket kereta, bahkan kamar hotel hanya di satu aplikasi saja. Aplikasinya bernama Pegipegi, Pegipegi selalu menawarkan berbagai macam promo menarik seperti Serbu Serba Diskon Tiket Pesawat dan Hotel s.d 144% dan masih banyak yang lainnya. Untuk aplikasinya sendiri sudah tersedia di Google Play dan Play Store jadi kalian bisa langsung download aplikasinya.

Yuk persiapkan perjalanan kalian tanpa perlu tergesa-gesa dengan fitur online Chek-in di Pegipegi. Proses lebih mudah dan pastinya bebas antri. Mudah prosesnya, Nyaman terbangnya hanya di Pegipegi.
Selamat berlibur :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beauty Fest Asia (BFA) 2018!

Tahun 2018 lalu tepatnya di bulan Maret aku pergi ke acara Beauty Fest Asia (BFA) 2018 yang diadakan di Ciputra Artpreneur selama 3 hari...